AS Chamidi AS Chamidi Author
Title: Ramadlan Post Truth, Sepercik Renungan
Author: AS Chamidi
Rating 5 of 5 Des:
Ramadlan merupakan bulan yang disucikan ummat Islam dengan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Ramadlan disebut juga sebagai s...
Ramadlan merupakan bulan yang disucikan ummat Islam dengan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Ramadlan disebut juga sebagai syahrulloh (bulannya Allah) sebab pahala puasanya hanya Allah sendiri yang akan mengganjarnya. Disebut juga syahrulmaghfirah (bulan pengampunan) sebab dengan puasa Ramadlan akan diberikan ampunan atas dosa-dosa oleh Allah Ta'ala. Ramadlan juga disebut dengan beberapa sebutan lain.

Post Truth (pasca kebenaran) merupakan teori media berbasis internet dimana kebenaran lebih dikemas menjadi sensasional dan emosional. Lebih subyektif, lebih sensasional, lebih emosional, dibandingkan logis. Apa yang kemudian viral, meski logika kebenarannya dipertanyakan, akan menjadi 'kebenaran baru' dan kemudian menjadi rujukan baru atas keviralannya. Media sosial viral pun menjadi panutan baru atas kebenaran!

Di bulan suci Ramadlan pun dapat terjadi viralitas berbasis persepsi subyektif, sensasional, dan emosional atas Ramadlan. Ramadlan post truth. Ramadlan yang kebenarannya dapat bergeser dari persepsi kebenaran yang lazim selama ini hidup dalam alam pikiran dan pemahaman umumnya. Munculnya foto-foto dan video pendek tentang hal tertentu terkait Ramadlan misalnya, yang menjadi viral itu akan mampu menggeser menjadi pemahaman baru atas makna dan kandungan Ramadlan sebelumnya. 

Benarkah post truth Ramadlan juga sudah muncul di sekitar kita?
Anda, kita semua, layak untuk mengendusnya.

Wallahu a'lam.


Reaksi:

About Author

Advertisement

 
Top