AS Chamidi AS Chamidi Author
Title: Perguruan Tinggi dan Indeks Daya Saing Daerah, Sekelumit Catatan
Author: AS Chamidi
Rating 5 of 5 Des:
ilustrasi batik Kebumen Bidang Litbang Bap3da Kebumen pagi tadi (23/5) gelar rapat persiapan pengisian indikator indeks daya sai...
ilustrasi batik Kebumen


Bidang Litbang Bap3da Kebumen pagi tadi (23/5) gelar rapat persiapan pengisian indikator indeks daya saing daerah (IDSD) Tahun 2019. Rapat diikuti sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), dan sejumlah stakeholders termasuk perguruan tinggi. Rapat dipimpin oleh Kepala Bap3da, Ir. Puji Rahayu, dan dibantu Bidang Litbang.

Rupanya IDSD yang disosialisasikan merupakan hasil sosialisasi dari Kemenristekdikti. Ada puluhan indikator, dan ada beberapa indikator terkait dengan perguruan tinggi (PT). Yang menarik dan terkait dengan PT antara lain: berapa jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan PT dan atau lembaga litbang setempat yg dipublished dalam jurnal nasional terakreditasi/jurnal internasional selama 3 tahun?, berapa peringkat PT yang ada secara nasional?, dan lainnnya. Dari IDSD yang baru ini rupanya PT masih menjadi indikator daya saing suatu daerah, dan yang menarik setidaknya ada 6 indikator yang bersentuhan langsung dengan eksistensi PT di daerah, yang ini artinya eksistensi PT penting hadlir dan harus ambil peran aktif dalam peningkatan daya saing daerah.

Satu hal yang sangat layak diusulkan kepada Pemkab Kebumen adalah perlunya hadir 1-2 jurnal ilmiah regional kelolaan Pemkab melalui Bap3da. Jurnal ini memiliki fungsi linkage dengan jurnal-jurnal milik PT di Kebumen, dan ini juga harus menjadi ruang bagi para periset kalangan PT, periset kalangan Pemkab, periset lain di Kebumen, dan sekaligus kolaborasi di antara mereka. Pemkab melalui Bap3da bahkan sekaligus kiranya dapat menganggarkan semacam 'award' bagi jurnal-jurnal PT di Kebumen untuk membangun tradisi berdaya saing.

Jika persoalan daya saing daerah digarap serius dan sinergis bersama PT, wajah indeks IDSD Kebumen dapat dipastikan akan menjadi rujukan banyak daerah lain. Daya saing nampaknya tidak cukup diindikasikan, akan tetapi juga butuh diproyeksikan, sebab pembangunan itu soal masadepan yang belum jelas namun bisa diperjelas.

Semoga manfaat.
Wallahu a'lam.

*penulis, peserta rapat, dosen IAINU Kebumen
Reaksi:

About Author

Advertisement

 
Top