AS Chamidi AS Chamidi Author
Title: Tadarusan dan Irama Malam
Author: AS Chamidi
Rating 5 of 5 Des:
Di bulan Ramadan di banyak tempat lazim diselenggarakan kegiatan tadarus al Quran , termasuk di Masjid KH Nurchamid Kebumen . Kegiatan i...
Di bulan Ramadan di banyak tempat lazim diselenggarakan kegiatan tadarus al Quran, termasuk di Masjid KH Nurchamid Kebumen. Kegiatan ini bergabunglah kalangan orang dewasa dan remaja untuk bersama mendaras al Quran secara bergiliran. Kadang kegiatan ini diisi khusus para lelaki dewasa (bapak-bapak), dan kadang ini diisi para remaja di banyak surau, mushalla, langgar, dan majelis lainnya.

Kegiatan mendaras al Quran ini biasa dilakukan usai shalat isya' dan shalat tarawih berjamaah, sekitar jam 9 malam sampai jam 12 malam. Biasanya semalam dapat membaca 1-5 juz, tergantung ikhtiar masing-masing majelis. Dalam suatu majelis khusus, kegiatan seperti ini dapat saja semalam khatam 30 juz. Umumnya 1-2 juz.

Kegiatan tadarus ini biasanya mendapatkan dukungan dari warga sekitar masjid/mushalla dengan bantuan minuman dan makanan kecil, seperti kolak, pisang rebus, tahu goreng, roti-rotian, dan lainnya. Kegiatan ini lazim pula menggunakan pengeras suara sebagai bentuk siar .

Di banyak lokasi, usai tadarus para remaja tidak pulang ke rumah masing-masing, akan tetapi mereka tidur di teras masjid/mushalla sampai waktu jelang sahur. Di kampung-kampung, saat waktu sahur,  mereka pun berkeliling sambil tetabuhan seadanya untuk membangunkan warga masyarakat bersahur. "Sahuur ... sahur!", begitu teriakan berirama para remaja kampung, disertai tetabuhan kentongan, kendang, gitar, dan lainnya.

Ritme malam-malam Ramadan di berbagai sudut negeri sungguh menggetarkan hati. Kegembiraannya akan dikenang sampai nanti. (*)



remaja bertadarus

pisang rebus
Reaksi:

About Author

Advertisement

 
Top